Penarikan Mahasiswa KKN Program Studi Ekonomi Syariah UPB TA. 2022/2023

Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Pelita Bangsa telah menyelesaikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mereka di Desa Telajung. Penarikan mahasiswa KKN ini dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 1 September 2023, di Kantor Desa Telajung. Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Desa yang mewakili Kepala Desa Telajung, Bapak Samen, S.Sos, serta Dosen Pembimbing Lapangan, Muh. Hamdan Ainulyaqin, S.E.I., M.E.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu program penting yang dijalani oleh mahasiswa dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan selama perkuliahan dalam konteks nyata. Desa Telajung menjadi pilihan yang tepat untuk mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Pelita Bangsa dalam melaksanakan KKN mereka tahun akademik 2022/2023.

Kegiatan KKN yang sudah terlaksana di Desa Telajung mencakup berbagai aspek yang berkontribusi pada pengembangan dan kesejahteraan masyarakat setempat. Beberapa kegiatan utama yang dilakukan oleh mahasiswa KKN antara lain:

  1. Pendidikan dan Pelatihan Ekonomi Syariah: Mahasiswa KKN memberikan pelatihan kepada masyarakat Desa Telajung tentang prinsip-prinsip ekonomi syariah, inklusi keuangan syariah, dan manajemen keuangan rumah tangga berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ekonomi syariah yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Pengembangan Usaha Mikro Syariah: Mahasiswa juga membantu dalam mengembangkan usaha mikro berbasis ekonomi syariah di desa ini. Mereka memberikan bimbingan kepada pengusaha lokal dalam hal manajemen, akuntansi syariah, dan pengelolaan dana dengan prinsip syariah.
  3. Penyuluhan Hukum Ekonomi Syariah: Mahasiswa memberikan penyuluhan hukum ekonomi syariah kepada masyarakat Desa Telajung. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang aspek-aspek hukum yang berkaitan dengan transaksi keuangan yang sah dalam Islam.
  4. Pembinaan Keuangan Keluarga: Selain itu, mahasiswa juga memberikan bimbingan kepada keluarga-keluarga dalam hal perencanaan keuangan berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Mereka membantu keluarga untuk mengatur keuangan mereka dengan bijak dan berkelanjutan.

Kepala Desa Telajung yang diwakili oleh Sekretaris Desa, Bapak Samen, S.Sos, mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN dan dosen pembimbing lapangan atas kontribusi mereka yang sangat berarti bagi masyarakat Desa Telajung. Dia berharap bahwa hasil dari kegiatan KKN ini akan berlanjut dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi kemajuan ekonomi dan sosial di desa tersebut.

Muh. Hamdan Ainulyaqin, S.E.I., M.E, selaku dosen pembimbing lapangan, juga menyatakan kebanggaannya terhadap kerja keras dan dedikasi mahasiswa selama KKN. Dia berharap pengalaman ini akan membantu mereka dalam pengembangan karir mereka di masa depan.

Dengan selesainya program KKN di Desa Telajung, mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Pelita Bangsa telah memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat desa dan memperkaya pengalaman mereka dalam menerapkan ilmu ekonomi syariah dalam konteks nyata. Kegiatan ini menegaskan komitmen universitas dalam pengabdian kepada masyarakat serta memberikan manfaat yang nyata bagi pihak-pihak yang terlibat.

Bahasa »
Open chat
1
Scan the code
Hello
Bisa saya bantu?